GARIS BESAR PROGRAM KERJA
PERWAKILAN KELAS
(GBPK PK)
Periode VI
OSIS SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN
Periode 2010 -2011
SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN
Jl, Tegal Rotan Raya Bintaro Sektor IX Ciputat Telp. 02174862423
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI...........................................................................................1
BAB I PENDAHULUAN
A. Dasar Pemikiran.............................................................................3
B. Pengertian.......................................................................................4
C. Maksud dan Tujuan........................................................................4
D. Landasan.........................................................................................4
E. Sistematika......................................................................................4
BAB II KONDISI UMUM............................................................5
BAB III VISI DAN MISI
A. Visi..................................................................................................6
B. Misi.................................................................................................6
BAB IV PROGRAM UMUM
A. PK sebagai Legislator......................................................................8
B. PK sebagai Media Aspirasi..............................................................8
C. PK sebagai Supervisor.....................................................................8
D. PK sebagai Korektor........................................................................9
E. PK sebagai Advisor..........................................................................9
F. Program umum yang mendukung konsolidasi
organisasi dengan elemen SMA Negeri 10 Tangsel..........................10
G. Program umum yang mendukung penertiban di
bidang kesekretariatan dan kebendaharaan....................................10
BAB V PROGRAM KHUSUS DAN ANGGARAN
A. Program Khusus.............................................................................11
B. Rencana Anggaran.........................................................................12
BAB VI PENUTUP........................................................................13
Lampiran.............................................................................14
I. Program Khusus dan Anggaran.......................................................14
1. Rakomal.......................................................................................14
2. Sidang Pleno Awal.......................................................................14
3. Diklat dan Pemantapan Anggota (DPA)......................................15
2
4. PK Goes to Class...........................................................................17
5. Revisi Kelegislasian......................................................................18
6. Rapat Evaluasi Berkala (Ravala)...................................................19
7. Forum OSIS……………………………………………………...20
8. Studi Banding…………………………………………………....21
9. Kaderisasi Calon Anggota……………………………………… 22
10. Rapat Komisi Akhir……………………………………………23
11. Kampanye dan Pemilihan Ketua Perwakilan Kelas……………24
12. Kampanye dan Pemilihan Umum Ketua Pengurus OSIS………25
13. Tahap Pemantapan Akhir (TPA)................................................26
14. Rapat Evaluasi Akhir..................................................................27
15. Sidang Pleno Akhir.....................................................................28
16. Pelantikan....................................................................................29
II. Sangga Kerja Perwakilan Kelas XIV
A. Kabinet Sangga Kerja................................................................31
B. Bagan Sangga Kerja...................................................................33
III. Data Perwakilan Kelas XIV Berdasarkan Urutan Dalam
Kabinet
A. Data Pengurus Perwakilan Kelas XIV......................................34
B. Data Anggota Perwakilan Kelas XIV.......................................39
BAB VII DISPOSISI...........................................................................................44
BAB I
PENDAHULUAN
A.Dasar Pemikiran
Kegiatan yang berlangsung di sekolah secara umum dibagi menjadi
dua, yaitu kegiatan akademis dan kegiatan non akademis. Agar tercipta
keseimbangan dalam setiap aktivitas yang berlangsung, tentu kedua kegiatan
tersebut hendaknya saling mengisi dan melengkapi.
Adapun kegiatan akademis merupakan kegiatan belajar mengajar
(KBM) di mana terjadi interaksi antara pihak sekolah, dalam hal ini guru
sebagai pengajar, dan siswa sebagai pelajar. Sedangkan kegiatan non akademis
merupakan kegiatan-kegiatan di luar KBM yang dilaksanakan melalui sebuah
wadah organisasi bernama OSIS.
Segala ketentuan dan perundangan dasar OSIS tercantum pada
Anggaran Dasar OSIS, termasuk di dalamnya tentang perangkat OSIS.
Perwakilan Kelas, sebagai salah satu perangkat OSIS, merupakan organisasi
representatif siswa yang berfungsi sebagai badan legislasi, media aspirasi,
serta menjadi pihak pengawas dalam setiap kegiatan OSIS di SMA Negeri 10
Tangsel. Segala kegiatan yang dilaksanakan Perwakilan Kelas tentu tidak lepas
dari bimbingan Dewan Pembina OSIS.
Dalam melaksanakan setiap kegiatannya, Perwakilan Kelas membuat
program kerja yang sejalan dan selaras dengan visi dan misi SMA Negeri 10
Tangsel. Pengadaan program kerja Perwakilan Kelas yang akan menjadi
pedoman selama satu periode kepengurusan tentu membutuhkan landasan dan
dasar yang jelas dalam bentuk tertulis. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan
segala program kerja tersebut sah dan legal sesuai dengan ketetapan yang
berlaku, serta menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Berdasarkan pemikiran di atas, maka disusunlah Garis Besar Program Kerja
Perwakilan Kelas ini.
B. Pengertian
Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas merupakan landasan dan
dasar operasional segala kegiatan Perwakilan Kelas SMA Negeri 10 Tangsel
selama satu periode kepengurusan dalam bentuk tertulis, yang disahkan pada
Sidang Pleno Awal.
C. Maksud dan Tujuan
Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas ditetapkan dengan
maksud sebagai pedoman dan landasan kegiatan program kerja Perwakilan
Kelas untuk mewujudkan tujuan OSIS sebagaimana telah tercantum dalam
Anggaran Dasar OSIS, yaitu mewujudkan siswa sebagai kader penerus bangsa
dan sumber daya insani, pembangunan nasional yang bertakwa, berilmu,
terampil dan berakhlak mulia.
D. Landasan
Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas disusun berlandaskan
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS SMA Negeri 10 Tangsel.
E. Sistematika
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : K ONDISI UMUM
BAB III : V ISI DAN MISI
BAB IV : PROGRAM UMUM
BAB V : PROGRAM KHUSUS DAN RENCANA ANGGARAN
BAB VI : PENUTUP
LAMPIRAN
BAB VII : D ISPOSIS
BAB II
KONDISI UMUM
OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Sekolah Menengah Atas (SMA)
Negeri 10 Tangsel meliputi Perwakilan Kelas dan Pengurus OSIS sebagai perangkat
utamanya, merupakan wadah bagi siswa dalam menyalurkan, membina,
meningkatkan kemampuan, kreativitas dan intelektual mereka dalam bidang non
akademis pada umumnya dan keorganisasian pada khususnya.
Kondisi umum suatu organisasi mempengaruhi kinerja organisasi tersebut
dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Begitu pula Perwakilan Kelas sebagai salah
satu perangkat utama OSIS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Tangsel. Kondisi
umum ditinjau dari faktor pendukung dan penghambat baik secara internal maupun
eksternal.
Adapun faktor-faktor pendukung yang menunjang tercapainya visi misi
Perwakilan Kelas yang sesuai dengan tujuan OSIS ialah anggota Perwakilan Kelas
yang solid dan berperan aktif, tanggapan dan partisipasi yang positif dari seluruh
warga Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Tangsel, kebijakan-kebijakan
komprehensif dari pihak sekolah, kerja sama yang baik dari pihak DPO, PO, dan sub
seksi dalam setiap pelaksanaan program kerjanya dan komunikasi dua arah yang
cukup baik dengan seluruh elemen di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10
Tangerang Selatan.
Sedangkan hal-hal yang dapat menghambat kinerja Perwakilan Kelas
diantaranya adalah kurang optimalnya proses fungsi PK, kegiatan akademis sekolah
yang sedang dalam masa peningkatan sehingga ruang gerak kegiatan non akademis
menjadi terbatas seperti sulitnya mendapat izin dalam melaksanakan program kerja,
dan adanya perdebatan konseptual dalam perumusan pelaksanaan program kerja.
Dikarenakan kondisi-kondisi tersebut di atas maka Perwakilan kelas dituntut
untuk lebih peka, kritis, fleksibel, dan dinamis terhadap situasi yang ada dan lebih
transparan dalam sosialisasi hasil kinerja Perwakilan Kelas sebagai media aspirasi
berlandaskan Anggaran Dasar OSIS, Anggaran Rumah Tangga Perwakilan Kelas, dan
Kode Etik Perwakilan Kelas
BAB III
VISI DAN MISI
A. Visi
Perwakilan Kelas SMA Negeri 10 Tangsel sebagai perangkat OSIS yang
berfungsi sebagai legislator, supervisor, korektor, dan advisor bagi seluruh
kegiatan OSIS, serta sebagai media aspirasi siswa dalam bidang kesiswaan
pada khususnya dan sekolah pada umumnya yang berlandaskan IMTAQ,
IPTEK, budi pekerti luhur, serta semangat kekeluargaan yang selaras dengan
profesionalitas kerja sesuai dengan AD/ART dan Kode Etik Perwakilan Kelas.
B. Misi
Untuk mencapai visi di atas, maka Perwakilan Kelas periode 2007-
2008 memiliki misi-misi sebagai berikut :
1. Berpegang teguh kepada Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Menerapkan dan mengaplikasikan IMTAQ dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengedepankan profesionalitas kerja tanpa mengesampingkan
kekeluargaan.
4. Mempelajari secara seksama serta berperilaku sesuai dengan Tata Tertib
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Tangsel.
5. Membahas, menimbang, merevisi, dan mengesahkan Anggaran Rumah
Tangga (ART) dan standarisasi pengawasan serta aturan perundangan
OSIS lainnya sebagai perwujudan fungsi Legislator.
6. Menampung, menyortir serta mengakomodir seluruh aspirasi yang terkait
dengan kinerja OSIS dari berbagai elemen di Sekolah Menengah Atas
(SMA) Negeri 10 Tangsel sebagai perwujudan fungsi Media Aspirasi.
7. Melaksanakan pengawasan secara maksimal terhadap kinerja OSIS
sebagai perwujudan fungsi Supervisor.
8. Meninjau kembali serta memberikan pembetulan atas perkara yang terkait
dengan kinerja OSIS sebagai perwujudan fungsi Korektor
9. Memberikan masukan baik pada saat pra pelaksanaan, pelaksanaan
maupun pasca pelaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan
kredibilitas OSIS sebagai perwujudan fungsi Advisor.
10. Berupaya secara maksimal dalam menempatkan diri sebagai rekan kerja
Pengurus OSIS (PO) dan semua sub seksie yang ada di Sekolah Menengah
Atas (SMA) Negeri 10 Tangsel.
11. Melaksanakan kaderisasi untuk mencari bibit- bibit unggul dalam rangka
regenerasi kepengurusan OSIS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10
Tangerang Selatan
BAB IV
PROGRAM UMUM
A. PK sebagai Legislator
1. Membahas, menyusun, dan/atau merevisi, serta mengesahkan Garis
Besar Program Kerja Perwakilan Kelas dengan persetujuan DPO.
2. Bersama dengan Pengurus OSIS, membahas dan mengesahkan Garis
Besar Program Kerja Pengurus OSIS dengan persetejuan DPO.
3. Mensosialisasikan segala bentuk dan hal yang terdapat di dalam AD
OSIS, ART PK, PO dan Kode Etik kepada Pengurs OSIS, termasuk di
dalamnya sub seksi pada umumnya dan Perwakilan Kelas pada
khususnya.
4. Memastikan berfungsi dan terlaksananya AD OSIS, ART PK, PO,
Kode Etik, dan Standarisasi Pengawasan.
B. PK sebagai Media Aspirasi.
1. Menampung, menyortir, dan mengakomodir aspirasi dari seluruh
warga SMA Negeri 10 Tangsel.
2. Menjadi jembatan penghubung antara siswa dengan pihak sekolah.
3. Menampung, menyortir, dan mengakomodir aspirasi dan kepentingan
Pengurus OSIS, termasuk di dalamnya sub seksi.
4. Mensosialisasikan hasil aspirasi yang telah diajukan ke pihak sekolah.
5. Menyimpan bukti-bukti aspirasi yang telah diajukan ke pihak sekolah.
C. PK sebagai Supervisor.
1. Mengawasi pelaksanaan program kerja sub seksi dan lintas bidang
Pengurus OSIS termasuk kegiatan pra-pelaksanaan, pelaksanaan, dan
pasca pelaksanaan sesuai dengan standarisasi pengawasan serta
dilengkapi dengan surat tugas.
2. Meminta proposal dari pelaksanaan program kerja subseksi dan lintas
bidang Pengurus OSIS paling lambat H-14
3. Meminta pertanggungjawaban dari pengurus sub seksi dalam bentuk
Laporan Kegiatan dan mengadakan rapat evaluasi kegiatan paling
lambat H+7 kegiatan.
4. Meminta Laporan Pertanggungjawaban dari penanggung jawab
kegiatan lintas bidang dalam bentuk Laporan Kegiatan paling
lambat H+30 dan mengadakan rapat evaluasi kegiatan paling
lambat H+14 kegiatan.
5. Apabila Laporan Kegiatan program kerja sub seksi atau lintas bidang
sebelumnya belum diserahkan kepada sekretaris Perwakilan Kelas,
maka proposal kegiatan berikutnya tidak akan dilanjutkan prosesnya
oleh pihak Perwakilan Kelas.
6. Membuat Laporan Pengawasan paling lambat H+14 kegiatan.
7. Apabila Laporan Pengawasan sebelumnya belum diserahkan
sebelumnya maka surat tugas tidak akan diberikan untuk kegiatan
selanjutnya.
8. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran kegiatan
Pengurus OSIS.
9. Melakukan pengawasan terhadap kesesuaian pelaksanaan kegiatan
Pengurus OSIS dengan rencana awal.
D. PK sebagai Korektor.
1. Mengoreksi kinerja Pengurus OSIS dalam pelaksanaan program kerja.
2. Mengadakan evaluasi terhadap kinerja Pengurus OSIS.
3. Menerima atau menolak Laporan Pertanggungjawaban Mandataris
Perwakilan Kelas.
4. Memberikan peringatan, baik secara lisan maupun tulisan sebagai
koreksi kinerja pengurus OSIS.
5. Melakukan audit terhadap penggunaan anggaran bagi kegiatan
Pengurus OSIS.
6. Mengadakan audit keuangan kegiatan skala besar bekerjasama dengan
Pengurus OSIS dan Bendahara Sub seksi yang bersangkutan.
E. PK sebagai Advisor
1. Memberikan saran tertulis maupun lisan kepada Pengurus OSIS, baik
diminta ataupun tidak, selama menjalankan program kerjanya.
2. Memberikan masukan-masukan kepada Pengurus OSIS berkaitan
dengan kinerja.
3. Bersama dengan Pengurus OSIS mencari solusi terhadap masalahmasalah
yang dihadapi dalam menjalankan program kerjanya.
F. Program umum yang mendukung konsolidasi organisasi dengan elemen SMA
Negeri 10 Tangsel, terutama dengan siswa dan pihak sekolah.
1. Mengadakan pertemuan dua pihak antara pihak siswa dan pihak
sekolah dengan tujuan mensosialisasikan maupun menyelesaikan
sebuah permasalahan.
G. Program umum yang mendukung penertiban di bidang kesekretariatan dan
kebendaharaan.
1. Mengadakan revisi pembakuan format bekerjasama dengan Pengurus
OSIS dan skretaris Sub seksi.
2. Melengakapi perlengkapan penunjang inventaris kesekretariatan.
BAB V
RENCANA PROGRAM KHUSUS
OSIS SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN
I. SIE KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA
Untuk menambah ketaqwaan dan keimanan kepada Allah WST, serta mempererat tali persaudaraan sesama muslim, maka kami OSIS dapat menyusun rencana program sie Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Mengintensifkan pembacaan doa sebelum dan sesudah pelajaran
2. Peringatan Nuzulul Qur'an
3. Mengadakan Pesantren Kilat
4. Mengadakan Tadarrus Qur'an
5. Halal Bihalal
6. Semaan Qur'an
7. Pemberian Santunan Anak Yatim
8. Peringatan Hari Besar Islam
a. Isro' Mi'roj
b. Idul Adha
c. Maulid Nabi Muhammad SAW
d. Tahun Baru Hijriyah
9. Kegiatan ekstrakurikuler Keagamaan
a. Rohis
b. Qasidah
10. Kegiatan lain
a. Istighosah bersama menjelang UNAS
b. Ziarah Wali
II. SIE KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Untuk menmbah rasa persatuan dan kesatuan sesama warga Indonersia dan juga menambah rasa bangga dan rasa cinta kita kepada bangsa dan negara, maka OSIS dapat menyusun rencana Program Sie Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Sosialisasi PBB
2. Mengadakan Bakti social
3. Peringatan Hari Besar Nasional
a. Hari Kartini
b. Proklamasi Kemerdekaan RI
4. Lomba
a. Pemilihan Abang dan None SMAN 10 Tangerang Selatan
b. Tartil Al-Qur'an
c. Pengbaran Bendera
d. Cerdas Cermat
e. Bola Basket
f. Bola Voli
g. Putsal
h. Mengarang Puisi
III. SIE PENDIDIKAN DAN PENDAHULUAN BELA BANGSA
Untuk mendidik para siswa agar mempunyai sifat nasionalisme lebih tinggi dan rasa rela berkorban untuk bangsa dan negara, maka kami selaku OSIS menyusun rencana program Seksi Pendidikan dan Pendahuluan Bela Negara, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Meningkatkan kualitas pelaksanaan Upacara Bendera
2. Pelatihan petugas Upacara
3. Membuat petugas piket pelaksanaan Upacara
4. Pemeliharaan alat-alat upacara
5. Pelatihyan PBB
6. Mengadakan lomba Pengibaran Bendera
7. Membuat format baru keamanan Ketertiban
IV. SIE KEPRIBADIAN DAN BUDI PEKERTI
Untuk mendidik para siswa agar mempunyai kepribadian yang baik dan budi pekerti yang luhur serta dapat menanamkan rasa memiliki sekolah sehingga pemeliharaan sekolah dapat terwujud maka kami selaku OSIS dapat menyusun program untuk sie Kepribadian dan Budi Pekerti, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Mengadakan Penyuluhan masalah remaja
2. Sosialisasi tentang kepribadian dengan guru dan tata tertib sekolah
3. Menggalakkan kegiatan disiplin
4. Menggalakkan kegiatan kerja bakti di sekolah
5. Mengintensifkan Pengamalan Pancasila sehari-hari
6. Pengumpulan dana sukarela kelas
7. Pemeliharaan lingkungan kelas
8. Pemeliharaan kelas
9. Membentuk Gerakan Anti Narkoba SMAN 10 Tangsel
10. Memantau piket kelas
11. Mengadakan dkegiatan donor darah
12. Mengadakan lomba kebersihan kelas
13. Mengadakan santunan
V. SIE BERORGANISASI, PENDIDIKAN POLITIK DAN KETERAMPILAN
Untuk melatih siswa berorganisasi yang baik dan juga melatih siswa untuk berpolitik yang positif serta menjadikan para siswa menjadi pemimpin yang baik, maka kami selaku OSIS dapat menyusun rencana program seksi Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Keterampilan, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Berorganisasi
a. Kegiatan MOS untuk siswa baru
b. Pelantikan pengurus OSIS
c. Membuat album kenangan untuk siswa kelas terakhir
d. Pembentukan MPK
e. Pembentukan panitia reformasi OSIS
2. Pendidikan Politik
a. Mengadakan kampanye pemilihan Osis
b. Pengadaan Kartu Pelajar
c. Mengadakan lomba pidato dan lomba puisi
3. Kepemimpinan
a. Mengadakan diskusi panel dengan tema 'Bahaya Narkoba'
b. Mengadakan latihan kepemimpinan
VI. SIE PENDIDIKAN KETERAMPILAN DAN KEWIRASWASTAAN
Untuk mendidik para siswa agar berketerampilan dan selalu bersifat kekeluargaan untuk sesama anggauta masyarakat, maka kami OSIS dapat menyusun rencana program untuk sie Pendidikan Keterampilan dan Kewiraswastaan, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Membantu koperasi sekolah
2. Mengadakan lomba-lomba kreasi memasak
3. Bekerjasama dengan sie Persepsi, Apresiasi dan Daya kreasi Seni untuk pembuatan majalah sekolah yang meliputi:
a. Pengedaran/distribusi
b. Pemantapan kegiatan kewartawanan/jurnalistik
c. Percetakan
VII. SIE PENDIDIKAN JASMANI DAN DAYA KREASI
Untuk mengembangkan daya kreasi dalam bentuk seni dan jasmani serta olahraga sehingga para siswa dapat mengetahui baik dan tidaknya diadakan kegiatan ini, Maka kami selaku OSIS dapat menyusun rancangan program Sie Pendidikan Jasmani dan Daya Kreasi, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Mengaktifkan ekstrakurikuler olahraga dan PMR
2. Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain
3. Mengadakan class meeting
4. Mengadakan Jalan sehat kreatif
5. Mengadakan lomba Olahraga pada HUT RI
VIII. SIE PERSEPSI, APRESIASI DAN DAYA KREASI SENI
Untuk menyalurkan persepsi, apresiasi dan daya kreasi seni siswa sehingga para siswa dapat menyalurkan bakat seninya, maka kami OSIS dapat menyusun rancangan program Sie Persepsi, apresiasi dan Daya Kreasi seni, sebagai berikut:
RANCANGAN PROGRAM
1. Mengadakan lomba madding antar kelas
2. Pembuatan majalah siswa
3. Memperingati bulan Bahasa
4. Lomba-lomba daya cipta seni dalam rangka HUT RI
BAB VI
PENUTUP
Demikianlah Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas yang telah kami
susun berdasarkan kondisi umum dan keinginan untuk menjadikan SMA Negeri 10 Tangerang Selatan lebih baik pada umumnya dan Perwakilan Kelas pada khususnya. Tentu saja
diselaraskan dengan visi misi sekolah.
Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas IV Periode 2010 – 2011
berlaku sejak tanggal ditetapkannya sampai ditetapkannya Garis Besar Program Kerja
Perwakilan Kelas V pada Sidang Pleno Awal Perwakilan Kelas Periode 2010 – 2011
Sebagai pelaksanaan Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas, Ketua
Perwakilan Kelas sebagai mandataris beserta pengurusnya, menyusun program kerja
beserta rencana anggaran untuk masa satu tahun kepengurusan.
Dengan adanya Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas ini, untuk
kedepannya kami mengharapkan agar program-program kerja Perwakilan Kelas
dapat terlaksana dengan baik, adapun hal yang akan terjadi, di luar kemampuan kami.
Berhasil tidaknya pelaksanaan program kerja Perwakilan Kelas, yang merupakan
perwujudan Garis Besar Program Kerja Perwakilan Kelas, tergantung pada peran aktif
dan kinerja para anggotanya. Kerjasama yang baik dengan Pengurus OSIS, pihak
sekolah, dan siswa-siswa SMAN 10 Tangsel juga berperan penting dalam keberhasilan
penyelenggaran kegiatan Perwakilan Kelas.
Pada akhirnya, hasil dari pelaksanaan program kerja PK harus dapat dinikmati
oleh seluruh siswa dan segenap komponen sekolah serta menuju pada terwujudnya
kemajuan bersama seutuhnya ke arah yang lebih baik.
Tangsel, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah SMAN 10 Tangsel Pembina OSIS
SUHERMIN, S.Pd Drs. SANTOSO
SIPPP..:)
BalasHapus